info aja…

buat yang cari tau tentang apapun yang unik dan menarik di seputar kita

Bata Yang Merubah Wajah Dunia

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Motorolla DynaTAC 8000X

Motorolla DynaTAC 8000X

“Sebuah BATA” seberat 2 pound, ditawarkan dengan harga $3,995 untuk setiap setengah jam bicara dan dapat diisi ulang setelahnya.

Buat Apa?? BATA kok Mahal banget??? Bisa untuk bicara?? Apaan nih?

Jangan salah! Pertanyaan tersebut terjadi pada tahun 1984, ketika ratusan calon konsumen berderet untuk membeli Telepon Cellular yang pertama di dunia. Motorola DynaTAC 8000X, yang bentuknya masih seperti “BATA”

Adalah seorang Rudy Krolop (74) mantan designer Motorola DynaTAC 8000X, yang kini telah pensiun dengan perasaan yang sangat nyaman ketika mengenang masa lalu dan berpikir bahwa “kerja keras kami berhasil membuat sebuah alat yang sangat berguna”

Ia mengenang bahwa perjalanan si “BATA” itu sendiri, tidaklah mulus. Ia membutuhkan lebih dari satu dekade untuk dapat diterima pasar.

Tersebut seorang nama Martin Cooper yang kemudian dinobatkan oleh Robert Galvin – CEO Motorolla – menjadi “Bapak Cellular Phone”, yang memberikan penugasan pertama kepada Kroloop. Kedua orang inilah bersama satu orang lainnya John Mitchell, mantan kepala divisi komunikasi pada perusahaan tersebut, yang kemudian berhak atas hak patent untuk penemuan mereka. Sebuah BATA yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi.

Martin Cooper

Martin Cooper

“Marty menelepon saya dari kantor pada suatu hari, desember 1972 dan berkata, ‘kita harus bisa membuat portable cellular phone’ dan menutupnya”. Bingung dengan pernyataan Martin tersebut, ia segera menelepon kembali rekannya itu dan mengatakan “Portable cell phone??apaan tuh??”

Pembicaraan singkat tersebut yang kemudian melahirkan sebuah “BATA” yang digunakan sebagai alat komunikasi massal yang berkembang dengan pesat hingga saat ini.

Kata “BATA” tidak tepat lagi digunakan untuk menyebut sebuah Cellular Phone (Hand Phone). Berbagai bentuk dan macam ukuran dapat dengan mudah kita jumpai, dan semuanya mengadopsi teknologi canggih yang telah jauh berkembang jika dibandingkan dengan teknologi awal yang digunakan. Hand Phone kini menjadi sebuah kebutuhan dan sekaligus gaya hidup manusia modern. Tidak hanya merupakan alat komunikasi, Hand Phone telah jauh melampaui fungsi dasarnya. Tidak dapat kita pungkiri, “BATA” yang ditemukan oleh Martin Cooper telah merubah wajah dunia modern.

2 Tanggapan to “Bata Yang Merubah Wajah Dunia”

  1. dedekusn said

    Bata oh bata… skarang yg bsarnya sgd bata adlh netbook. Kebayang klo org skrng masih bawa hp sgd bata🙂

    • probosuryo said

      saya rasa malah aman bro…maling jadi males kan curi HP ? :p
      hehehe…..tks udh mampir bro…:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: