info aja…

buat yang cari tau tentang apapun yang unik dan menarik di seputar kita

Posts Tagged ‘kreatif’

Terrafugia, sebuah Solusi Kemacetan Jakarta

Posted by Probosuryo pada 3 Juni 2009

Anda mungkin sudah sangat merasa jengah dengan kemacetan yang terjadi setiap hari di Ibukota tercinta ini. Waktu yang terbuang, bahan bakar yang menguap dengan percuma, dan banyak kerugian – kerugian lain yang ditimbulkan dari fenomena yang sudah berlangsung pada 1 dekade terakhir tersebut. 

Lantas, kira – kira apa solusi yang seharusnya diterapkan oleh pemerintah? Banyak alternatif yang ditawarkan, mulai dari BusWay, Water Way, hingga Proyek Monorail yang sampai sekarang belum jelas juntrungannya itu. Semua seakan tidak berdaya menghadapi musuh kita bersama :kemacetan. Namun, jangan buru – buru putus asa. Mulai tahun 2012 anda mungkin tidak akan merasakan lagi yang namanya macet. Bahkan perjalanan mudik kala lebaran pun, tidak lagi menjadi sebuah ‘penderitaan’.

Terrafugia Concept

Perkenalkan, Terrafugia. Sebuah inovasi baru dari perusahaan yang bernama Aerocar of Longview. Terrafugia adalah sebuah kendaraan yang menggaplikasikan konsep transisi dan menggabungkan antara teknologi mobil dengan teknologi pesawat. Konsep kendaraan inilah yang kemudian dinamakan sebagai ‘roadable aircraft’. Sebenarnya, konsep mobil terbang ini telah lama dikembangkan oleh perusahaan ini. Pada tahun 1949, perusahaan ini telah memproduksi 6 buah prototype. Namun karena berbagai alasan, prototype tersebut, kini hanya menjadi benda pajangan koleksi museum perusahaan. 

Melihat kebutuhan pasar yang semakin bersahabat  dengan inovasi baru ini, Terrafugia rencananya akan dipasarkan secara massal pada tahun 2012. Dengan banderol harga sekitar USD 194.000, mobil ini diyakini sebagai impian semua orang sejak diperkenalkannya mobil dan pesawat terbang. 

berbahan bakar seperti mobil biasa

berbahan bakar seperti mobil biasa

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Anda hanya akan memerlukan landasan sepanjang 500 meter untuk dapat menerbangkan mobil ini. Cara pengoperasiannya pun tidaklah serumit pesawat komersial pada umumnya. Pada posisi transformasi dari model berkendara (mobil) menjadi model penerbangan, panjang mobil akan menjadi 19 kaki dan lebarnya bertambah 80 inchi, dengan menggunakan 6 kaki sebagai roda, setinggi 9 inchi. Total dari wingspan-nya sendiri menjadi 27 kaki, 6 inchi. (wow, udah kaya filem transformer ya..hehe)

Tapi, anda harus siap – siap mengambil les penerbangan dulu dari sekarang. Karena salah satu syarat mutlak untuk dapat membeli Terrafugia, anda harus mendapatkan Pilot Lisence terlebih dahulu. 

Memang ada beberapa kelemahan dari Terrafugia ini. Jarak yang dibutuhkan untuk lepas landas maupun mendarat, tidaklah mudah ditemukan pada kota – kota besar yang padat. Untuk itulah, para ilmuwan yang menyempurnakan ‘mobil terbang’ ini, kini sedang manggagas untuk membuat mobil serupa dengan system ‘ take off ‘ dan ‘ landing ‘ yang mengadopsi system yang digunakan oleh Helicopter. 

Bagaimana? Anda tertarik untuk memboyongnya ke garasi rumah anda? Cukup siapkan USD 194.000 (kira – kira Rp. 1.940.000.000,- dengan asumsi kurs Rp. 10.000/USD) dan Terrafugia akan siap membebaskan anda dari kemacetan Jakarta.

Iklan

Posted in Teknologi | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 1 Comment »

Mengagumkan, Menjadikan Trotoar sebagai Kanvas !!

Posted by Probosuryo pada 2 Juni 2009

Kata mengagumkan saya rasa pantas untuk mendefinisikan karya seni yang dibuat oleh Julian Beever ini. Dengan hanya menggunakan kapur, Beever telah menghasilkan berbagai karya seni yang luar biasa di berbagai negara. Karya seninya benar – benar hanya sebuah gambar, namun apabila kita ambil foto dengan sudut yang tepat, wow! Hasilnya benar – benar mengagumkan!

Silahkan menilai karya seorang Julian Beever  🙂

berkaca

berkaca

siapa yang memindahkan conblock nya hayo?

siapa yang memindahkan conblock nya hayo?

membuat eiffel-ku sendiri

membuat eiffel-ku sendiri

wew, ada cewe berjemur di trotoar..

wew, ada cewe berjemur di trotoar..

kemasan Coca Cola berapa liter ya?

kemasan Coca Cola berapa liter ya?

oh, ternyata dia pakai ini buat melukis

oh, ternyata dia pakai ini buat melukis

waduh, lalatnya gede banget

waduh, lalatnya gede banget

awas! Transformer keluar dari sarangnya

awas! Transformer keluar dari sarangnya

kapan gempanya? koq ga berasa?

kapan gempanya? koq ga berasa?

pengen ganti HP bos? Gali aja trotoar...hehe..

pengen ganti HP bos? Gali aja trotoar...hehe..

ada yang mau tolongin mereka?

ada yang mau tolongin mereka?

batman and robin in action

batman and robin in action

arung jeram bisa ditengah kota loh..

arung jeram bisa ditengah kota loh..

rahasia DHL selama ini..pantesan bisa cepet banget sampenya

rahasia DHL selama ini..pantesan bisa cepet banget sampenya

lumayan buat mainan anak – anak

lumayan buat mainan anak – anak

makanya liat kebawah dong...liat keatas mulu, jatoh kaan...

makanya liat kebawah dong...liat keatas mulu, jatoh kaan...

ngebir bos?

ngebir bos?

emas yang terpendam dibawah trotoar

emas yang terpendam dibawah trotoar

buruan loncat...airnya segar

buruan loncat...airnya segar

segera telepon PAM...galiannya belum ditutup

segera telepon PAM...galiannya belum ditutup

Posted in Art & Design | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 1 Comment »

16 Penemuan yang “ Gak Penting Banget ”

Posted by Probosuryo pada 2 Juni 2009

Dengan kemampuan intelektual yang dimilikinya, manusia senantiasa mencoba untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengembangkannya guna mempermudah kehidupan. Berbagai penemuan canggih dalam berbagai bidang telah kita rasakan dapat mempermudah kehidupan kita. Penemuan mobil, pesawat, kapal mesin dan alat transportasi lainnya membuat dunia seakan menjadi lebih sempit. Penemuan dalam bidang kesehatan, juga sangat membantu kita dalam menikmati kehidupan.

Namun, ternyata tidak semua penemuan yang ada dapat diterima oleh masyarakat. Beberapa penemuan ini, ternyata membuat orang menjadi bertanya “ penting ga sih? ” atau bahkan ada yang ekstrim berkomentar ” Gak Penting Banget ”

Berikut beberapa penemuan tersebut 🙂

banana guard

banana guard

Banana Guard, kalau kita pikir, buat apa ya? kan pisang sudah ada kulitnya? hehe…ada – ada aja nih yang bikin…

penggaris tempat tidur

penggaris tempat tidur

Mungkin ini diciptakan untuk pasangan yang lagi berantem, jadi tidak melanggar ‘wilayah’ tidur..masing – masing…hehehe..

chop stick fan

chop stick fan

Anda tidak perlu repot meniup makanan yang panas….bagus sih, tapi…penting ga sih?

hair guard

hair guard

Bagi pemilik rambut panjang dan gampang rontok, alat ini mencegah rambut yang rontok untuk jatuh kedalam makanan…hmmm….sering – sering keramas kali yaa, biar ga rontok…hehehe…

sandal kecoa

sandal kecoa

Penemu sandal ini pasti sangat kesal dengan kecoa….hehehe…

fake arm

fake arm

Guling ini sangat berguna bagi anda yang mendambakan seorang pasangan untuk menemani tidur…Ya paling tidak, rasanya hampir sama kan? Penting?

ASA : Air Susu Ayah

ASA : Air Susu Ayah

Kalau si kecil rewel, dan istri anda sedang tidak ada ditempat, mungkin alat ini dapat membantu..hmm…berasanya gimana gitu…hehe…

gun egg friyer

gun egg friyer

Untuk menyiapkan hidangan sarapan pagi bagi para mafia mungkin….hehehe

farty pant

farty pant

Kalau kentut anda beraroma tak sedap, celana ini mungkin dapat membantu anda..alat yang menempel pada celana ini mampu menetralisir gas yang dihasilkan dari kentut sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat…cocok untuk dipakai pada acara – acara pesta makan, agar orang lain tidak hilang selera makannya ketika anda buang gas…hehe…penting kan?

lock cup

lock cup

Sering kesal ketika rekan anda meminum kopi atau teh anda pada saat kita tinggal? cangkir ini akan membantu anda, dilengkapi dengan kunci, cangkir ini dapat ditutup untuk menghindari orang lain meminum kopi atau teh anda…merasa perlu?

shower mic

shower mic

Merasa punya bakat menyanyi yang belum tersalurkan? benda yang satu ini mungkin sangat berguna untuk anda yang sering mengolah bakat di kamar mandi…hehehe…

sleeping helmet

sleeping helmet

Stress berada dalam angkutan umum yang sedang terjebak kemacetan lalu – lintas? Alat ini memungkinkan anda tidur tanpa harus merasa khawatir kepala akan jatuh di bahu penumpang sebelah..

privacy scraf

privacy scraf

Anda mungkin merasa risih apabila harus membuka dokumen pribadi atau membuka situs dewasa ketika berada di tempat umum. Alat ini akan memberikan anda privasi untuk membuka dokumen pribadi, rahasia maupun situs dewasa di tempat umum. Tertarik? Silahkan mencoba..hehe..

flu tissue

flu tissue

Kena flu, tapi malas membawa sapu tangan? Cobalah alat yang satu ini…hehe…

shoe umbrella

shoe umbrella

Sayang sepatu anda? Ada baiknya gunakan alat ini ketika hujan…

thumb wrestling proffesional ring

thumb wrestling proffesional ring

Inilah jawaranya, beli alat ini dan jadikan anda seorang profesional.

Posted in Unik dan Menarik | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

USB DISC Yang Akan Membuat Anda Lapar !!

Posted by Probosuryo pada 2 Juni 2009

Anda kenal USB Disc bukan? Hampir semua orang di kantoran maupun di sekolah dan di kampus menggunakan perangkat mungil yang memiliki kapasitas besar ini. Selain kepraktisannya yang dapat menyimpan data besar dalam bentuk yang mungil, USB disc juga sudah menjadi bagian dari kehidupan para pengguna komputer sehari – hari.

Hal inilah yang mengilhami beberapa produsen dari perangkat ini, untuk membuat desain yang unik dan menarik pada piranti kecil multiguna ini.

Ada beberapa bentuk USB yang unik dan menarik, namun dalam artikel ini, saya akan menampilkan desain USB yang terinspirasi dari berbagai jenis makanan dari seluruh dunia.

Berikut desain USB disc yang menyerupai bentuk makanan, selamat menikmati.. 🙂

barbeque USB

barbeque USB

barbeque USB2

barbeque USB2

biscuit USB

biscuit USB

biscuit USB2

biscuit USB2

donuts USB

donuts USB

pizza USB

pizza USB

sausage USB

sausage USB

shrimp USB

shrimp USB

strawberry USB

strawberry USB

sushi USB

sushi USB

sushi2 USB

sushi2 USB

watermelon USB

watermelon USB

Hmmm….yummy bukan?

🙂 🙂

Posted in Unik dan Menarik | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

10 Gedung Paling Unik di Dunia

Posted by Probosuryo pada 2 Juni 2009

Mungkin anda sempat membaca artikel saya sebelumnya (10 Rumah Paling Unik di Dunia), kalau belum sempat, silahkan klik link diatas.

Dalam artikel ini, saya akan menampilkan gedung – gedung yang unik dan menarik dari seluruh dunia. Gedung – gedung ini berfungsi antara lain sebagai gedung perkantoran, gedung perpustakaan, rumah ibadah (gereja) dan fungsi – fungsi lainnya. Citarasa seni tinggi yang dimiliki oleh pemilik dan perancang gedung ini, membuat hasil karyanya menjadi unik dan menarik, sekaligus inspiratif bagi penghuninya.

Berikut beberapa gedung yang unik dan menarik dari seluruh dunia.

the crooked house

the crooked house

Kansas City Public Library

Kansas City Public Library

wonderworks

wonderworks

habitat67

habitat67

stone house

stone house

cathedral – brasilia

cathedral – brasilia

nautilus house

nautilus house

atomium

atomium

la pedrera

la pedrera

Museum of Contemporary Art Niteroi - Rio de Janeiro - Brazil

Museum of Contemporary Art Niteroi - Rio de Janeiro - Brazil

Bagaimana menurut anda? Unik dan inspiratif? Silahkan berkomentar disini…thanks 🙂

Posted in Unik dan Menarik | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 1 Comment »

Origami Terumit dari Sang MASTER ORIGAMIST

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Anda tentu sudah pernah mendengar Origami bukan? Kalau mungkin anda sudah pernah mendengar namun kurang memahami apa dan dari mana sebenarnya Origami, berikut adalah definisi dan sedikit sejarah tentang Origami menurut Wikipedia.

Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts’ai Lun.

Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.

Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi.”

Hingga saat ini, Origami telah populer di berbagai negara. Dalam dunia yang penuh kreatifitas ini, dunia mengenal seorang Jepang yang bernama Satoshi Kamiya. Karya – karyanya yang sangat mengagumkan dalam bidang Origami, membuat pria Jepang ini dijuluki sebagai Master Origamist.

Penasaran dengan karya – karya sang Master? Berikut saya susun beberapa karya spektakulernya yang sangat indah dan mengagumkan.

White Dragon

White Dragon

 

Three Head Lion

Three Head Lion

 

Gundam

Gundam

 

Red Flying Dragon

Red Flying Dragon

 

Shrimp

Shrimp

Sangat mengagumkan bukan? Masterpiece dari seorang Master Origamist…. 😀

Ingin belajar origami kepada Satoshi Kamiya? Silahkan berkunjung ke websitenya http://www.folders.jp/ 

Tapi, sebaiknya pastikan dulu anda jago berbahasa Jepang 🙂

Posted in Unik dan Menarik | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 2 Comments »

Hebatnya Nenek Moyang Kita….Batik Pun Mempunyai Unsur Matematika!

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Motif Batik

Motif Batik

Batik tidak hanya kaya akan filosofi. Batik juga kaya akan penghitungan matematika. Tampaknya nenek moyang kita telah meninggalkan jejak matematika fractal pada kain batik Indonesia.

Adalah M Lukman, Yuri Hariadi alumnus ITB, dan Nancy Margried alumnus Universitas Padjadjaran Bandung membentuk Pixel People Project untuk melakukan penelitian itu.

Apa itu fractal? Fractal adalah salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari teknik perulangan.

Batik fractal adalah proyek awal Pixel Project. Nancy mengungkapkan ide munculnya batik fractal saat ia bersama Yun dan Luki (Lukman) membicarakan objek yang unik untuk dijadikan desain. Luki yang menjadi desainer senang menggambar objek unik. la sering menggambar robot atau tokoh komik dengan teori matematika fractal. Pada suatu ketika Nancy meminta agar Luki menggambar objek yang lebih organis seperti tumbuhan. Luki melukiskan gambar organik, yang kemudian tampak seperti batik.

Yun yang ahli matematika sepakat untuk meneliti kemungkinan batik-batik di Indonesia memiliki unsur matematika. Dari situ, mereka mulai mengumpulkan beragam motif batik untuk dianalisis dari sudut pandang matematika. Sebanyak 300 motif batik dianalisis. Mereka juga berkonsultasi dengan Achmad Haldani yang terkenal sebagai ahli batik tradisional di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

“Ternyata dari hasil penelitian itu setiap batik tradisional memiliki unsur matematika. Ketika diaplikasikan ke komputer dengan menggunakan rumusan matematika fractal, terdapat kesamaan,” kata Nancy.

Dengan rumus matematika fractal itulah batik-batik tradisional itu bisa dikembangkan dan dimodifikasi. Mereka kemudian menyebut batik hasil modifikasi itu sebagai motif batik fractal.

Sekitar 300 batik yang tersebar di Indonesia telah diteliti lalu didesain ulang lewat komputer dengan menggunakan peranti lunak open source khusus, yaitu J-Batik.

Hasil riset komprehensif yang dikembangkan lewat analisis fractal, menurut Luki, bisa menjadi pembuktian sahih bahwa akar batik memang berasal dari Indonesia. “Pembuktian itu benar bahwa batik bukan dari negara lain, tapi dari Indonesia. Dengan riset itu pula bisa membantu prediksi terhadap perkembangan motif batik Indonesia di masa depan,” jelas Luki.

Inovasi yang terbilang sebagai sebuah terobosan baru di Iridonesia itu sangat menggembirakan. Apalagi desain pertama mereka bisa dipamerkan dalam ajang konferensi internasional seni generatif di Milan, Italia, akhir 2007 lalu.
“Dan kami satu-satunya yang menampilkan warisan tradisional dalam pameran itu. Responsnya pun sangat bagus,” imbuh Luki.

Apalagi saat ini desain-desain batik fractal mereka telah masuk ranah industri. Rumah Batik Komar di Bandung telah bekerja sama dengan Pixel dalam mengembangkan batik fractal itu. Menteri Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman pun menjadi salah satu pelanggan favorit batik fractal.

Nancy dan Luki menambahkan, setiap satu motif batik tradisional bisa didesain ulang dan dikembangkan menjadi ribuan motif baru. Namun, ada pula kendalanya di lapangan. “Tidak semua perusahaan alat batik bisa menciptakan alat batik yang cukup rumit. Jadi kalau motifnya mau dikembangkan lebih rumit lagi, takutnya malah tidak bisa dicetak,” kata Nancy yang menjadi kepala bisnis dalam perusahaan mereka.

Keterbatasan itu membuat Luki selaku pencipta desain akan menciptakan desain lebih sederhana.

Sumber

Hebat kan? dalam berkesenianpun, nenek moyang kita menggunakan teori matematika….Semakin bangga dan cinta Indonesia

Posted in Keliling Indonesia | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , | Leave a Comment »