info aja…

buat yang cari tau tentang apapun yang unik dan menarik di seputar kita

Posts Tagged ‘penting’

16 Penemuan yang “ Gak Penting Banget ”

Posted by Probosuryo pada 2 Juni 2009

Dengan kemampuan intelektual yang dimilikinya, manusia senantiasa mencoba untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengembangkannya guna mempermudah kehidupan. Berbagai penemuan canggih dalam berbagai bidang telah kita rasakan dapat mempermudah kehidupan kita. Penemuan mobil, pesawat, kapal mesin dan alat transportasi lainnya membuat dunia seakan menjadi lebih sempit. Penemuan dalam bidang kesehatan, juga sangat membantu kita dalam menikmati kehidupan.

Namun, ternyata tidak semua penemuan yang ada dapat diterima oleh masyarakat. Beberapa penemuan ini, ternyata membuat orang menjadi bertanya “ penting ga sih? ” atau bahkan ada yang ekstrim berkomentar ” Gak Penting Banget ”

Berikut beberapa penemuan tersebut 🙂

banana guard

banana guard

Banana Guard, kalau kita pikir, buat apa ya? kan pisang sudah ada kulitnya? hehe…ada – ada aja nih yang bikin…

penggaris tempat tidur

penggaris tempat tidur

Mungkin ini diciptakan untuk pasangan yang lagi berantem, jadi tidak melanggar ‘wilayah’ tidur..masing – masing…hehehe..

chop stick fan

chop stick fan

Anda tidak perlu repot meniup makanan yang panas….bagus sih, tapi…penting ga sih?

hair guard

hair guard

Bagi pemilik rambut panjang dan gampang rontok, alat ini mencegah rambut yang rontok untuk jatuh kedalam makanan…hmmm….sering – sering keramas kali yaa, biar ga rontok…hehehe…

sandal kecoa

sandal kecoa

Penemu sandal ini pasti sangat kesal dengan kecoa….hehehe…

fake arm

fake arm

Guling ini sangat berguna bagi anda yang mendambakan seorang pasangan untuk menemani tidur…Ya paling tidak, rasanya hampir sama kan? Penting?

ASA : Air Susu Ayah

ASA : Air Susu Ayah

Kalau si kecil rewel, dan istri anda sedang tidak ada ditempat, mungkin alat ini dapat membantu..hmm…berasanya gimana gitu…hehe…

gun egg friyer

gun egg friyer

Untuk menyiapkan hidangan sarapan pagi bagi para mafia mungkin….hehehe

farty pant

farty pant

Kalau kentut anda beraroma tak sedap, celana ini mungkin dapat membantu anda..alat yang menempel pada celana ini mampu menetralisir gas yang dihasilkan dari kentut sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat…cocok untuk dipakai pada acara – acara pesta makan, agar orang lain tidak hilang selera makannya ketika anda buang gas…hehe…penting kan?

lock cup

lock cup

Sering kesal ketika rekan anda meminum kopi atau teh anda pada saat kita tinggal? cangkir ini akan membantu anda, dilengkapi dengan kunci, cangkir ini dapat ditutup untuk menghindari orang lain meminum kopi atau teh anda…merasa perlu?

shower mic

shower mic

Merasa punya bakat menyanyi yang belum tersalurkan? benda yang satu ini mungkin sangat berguna untuk anda yang sering mengolah bakat di kamar mandi…hehehe…

sleeping helmet

sleeping helmet

Stress berada dalam angkutan umum yang sedang terjebak kemacetan lalu – lintas? Alat ini memungkinkan anda tidur tanpa harus merasa khawatir kepala akan jatuh di bahu penumpang sebelah..

privacy scraf

privacy scraf

Anda mungkin merasa risih apabila harus membuka dokumen pribadi atau membuka situs dewasa ketika berada di tempat umum. Alat ini akan memberikan anda privasi untuk membuka dokumen pribadi, rahasia maupun situs dewasa di tempat umum. Tertarik? Silahkan mencoba..hehe..

flu tissue

flu tissue

Kena flu, tapi malas membawa sapu tangan? Cobalah alat yang satu ini…hehe…

shoe umbrella

shoe umbrella

Sayang sepatu anda? Ada baiknya gunakan alat ini ketika hujan…

thumb wrestling proffesional ring

thumb wrestling proffesional ring

Inilah jawaranya, beli alat ini dan jadikan anda seorang profesional.

Iklan

Posted in Unik dan Menarik | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

INDRA: Radar Lokal Yang Pertama

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

INDRA

INDRA

Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil yang dikelilingi luasnya lautan. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi kekayaan bumi yang melimpah, namun juga memberikan resiko dan permasalahan yang besar. Kenyataannya Indonesia menghadapi banyak ancaman dan permasalahan akibat posisi geografisnya, seperti konflik teritorial dengan Negara tetangga, penyelundupan kekayaan alam, pembajakan kapal laut, dan terorisme.

Untuk mengurangi masalah yang ditimbulkan sekaligus membantu memaksimalkan pengawasan dan pengamanan negara, Indonesia memerlukan suatu sistem pengamanan terintegrasi yang diaplikasikan ke dalam bentuk radar. Selama ini teknologi radar dikuasai oleh pihak asing. Bertahun-tahun lamanya Indonesia membeli radar dari negara lain dengan biaya sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhannya.

Beno Pradekso, Direktur Utama Solusi247 menyatakan, “Sudah waktunya teknologi strategis seperti radar, dikuasai oleh sebuah bangsa besar seperti bangsa Indonesia. SOLUSI247 bersama dengan divisi radar RCS-247 (Radar & Communication Systems) berhasil meluncurkan sebuah karya anak bangsa di bidang teknologi radar. Radar buatan anak bangsa ini diberi nama INDRA.

Radar Maritim INDRA dibangun dengan kemampuan mendeteksi dan mengukur jarak sebuah kapal di lautan dengan penggunaan teknologi Frequency Modulated Continuous Wave (FMCW) yang mampu menghasilkan radar canggih dengan daya pancar sangat rendah. Karena daya pancarnya yang sangat rendah itu INDRA dapat dioperasikan dimana saja dan tidak akan menggangu perangkat-perangkat lain di sekitarnya.

Dalam proses pembangunan INDRA, RCS-247 bekerjasama dengan institusi-institusi riset, pendidikan dan swasta dalam negeri seperti PPET- LIPI, ITB, UI dan IDE. Dalam kerjasama ini, pembangunan INDRA dilakukan sepenuhnya di Indonesia oleh insinyur-insinyur terbaik anak bangsa. Teknologi radar yang diterapkan pada INDRA didukung juga oleh institusi riset IRCTR – TU Delft di Belanda yang memang sudah sejak lama menguasai teknologi ini.

Mengukur dengan Akurat

Pada tanggal 24 Oktober 2008, untuk pertama kalinya INDRA diujicobakan di pantai Cilegon, Banten. Ujicoba ini disaksikan juga oleh Dinas Litbang TNI-AL. Dalam penampilan perdananya, INDRA mengukuhkan eksistensinya sebagai radar maritim. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya mendeteksi dan mengukur jarak sebuah kapal yang sedang berlayar di laut dengan akurat.

Dr. Ir. A. Andaya Lestari, Head of Division dari RCS-247 menegaskan, “Tanggal 24 Oktober 2008 merupakan momen bersejarah bagi dunia IPTEK Indonesia. Hari itu untuk pertama kalinya setelah 63 tahun kemerdekaan Indonesia, akhirnya sebuah radar buatan bangsa Indonesia telah berhasil dibangun dan dioperasikan. “Semoga keberhasilan ini turut menyemarakkan 100 tahun kebangkitan nasional Indonesia,” kata Andaya.

Saat ini RCS-247 mengembangkan beberapa varian dari radar maritim yaitu Radar Kapal (Marine Radar) dan Radar Pantai (Coastal Radar) yang dapat berfungsi sebagai radar stand alone maupun membentuk jaringan radar. RCS-247 juga telah mengembangkan dan mengoperasikan sebuah Radar Penembus Tanah atau Ground Penetrating Radar (Georadar) yang berfungsi untuk mendeteksi benda-benda yang tertanam di dalam tanah.

“Dengan diluncurkannya INDRA, Indonesia telah berhasil membuat radar sendiri dengan keunggulan yang mampu bersaing dengan radar buatan luar negeri,” kata Andaya menambahkan. (diambil dari sebuah artikel LIPI)

Posted in Teknologi | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

Panser Made in Indonesia

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Kendaraan Lapis Baja Made in Indonesia

Kendaraan Lapis Baja Made in Indonesia

Apakah anda setuju ketika sebuah bangsa yang besar seperti Indonesia harus mandiri dalam bidang pertahanan dan keamanan? Kalau jawaban anda “setuju”, maka segeralah berbangga hati. Indonesia, saat ini sedang merancang kendaraan P2 Komando dan P3 Kendaraan Khusus.

Proses yang panjang dan mahal dan mahal ini dimulai dari tahun 2003, setelah ada permintaan tidak tertulis dari pihak militer (angkatan darat). Semua proses yang menerapkan teknologi tinggi dalam bidang rancang bangun alat utama sistem pertahanan ini dikerjakan oleh putera-puteri terbaik bangsa.

P2 komando adalah kendaraan antipeluru dan lapis baja yang berfungsi untuk pengintaian. Sedangkan kendaraan khusus P3, sebenarnya adalah kendaraan taktis karena sifatnya digunakan bagi pasukan khusus untuk penyerbuan gerak cepat. Jadi, memiliki kelincahan mobilitas tinggi dan bisa dipakai di segala medan.

P2 yang didesain menyerupai panser ini, memiliki ketebalan baja tujuh mm dan ketahanan peluru sampai 7,62 kaliber AK 47. Dengan empat roda yang dimilikinya, P2 memiliki High Mobility yang sangat diperlukan untuk menjalankan misi-misi dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Sedangkan P3, merupakan kendaraan khusus yang dapat disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Misalnya den bravo Paskhas, digunakan untuk penyerbuan udara. Brimob Polri daapt menggunakan P3 untuk mengurai massa atau mengejar, jadi sifat P3 lebih spesifik tergantung dari kebutuhan penggunanya.

 

Posted in Teknologi | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , | Leave a Comment »

Bata Yang Merubah Wajah Dunia

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Motorolla DynaTAC 8000X

Motorolla DynaTAC 8000X

“Sebuah BATA” seberat 2 pound, ditawarkan dengan harga $3,995 untuk setiap setengah jam bicara dan dapat diisi ulang setelahnya.

Buat Apa?? BATA kok Mahal banget??? Bisa untuk bicara?? Apaan nih?

Jangan salah! Pertanyaan tersebut terjadi pada tahun 1984, ketika ratusan calon konsumen berderet untuk membeli Telepon Cellular yang pertama di dunia. Motorola DynaTAC 8000X, yang bentuknya masih seperti “BATA”

Adalah seorang Rudy Krolop (74) mantan designer Motorola DynaTAC 8000X, yang kini telah pensiun dengan perasaan yang sangat nyaman ketika mengenang masa lalu dan berpikir bahwa “kerja keras kami berhasil membuat sebuah alat yang sangat berguna”

Ia mengenang bahwa perjalanan si “BATA” itu sendiri, tidaklah mulus. Ia membutuhkan lebih dari satu dekade untuk dapat diterima pasar.

Tersebut seorang nama Martin Cooper yang kemudian dinobatkan oleh Robert Galvin – CEO Motorolla – menjadi “Bapak Cellular Phone”, yang memberikan penugasan pertama kepada Kroloop. Kedua orang inilah bersama satu orang lainnya John Mitchell, mantan kepala divisi komunikasi pada perusahaan tersebut, yang kemudian berhak atas hak patent untuk penemuan mereka. Sebuah BATA yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi.

Martin Cooper

Martin Cooper

“Marty menelepon saya dari kantor pada suatu hari, desember 1972 dan berkata, ‘kita harus bisa membuat portable cellular phone’ dan menutupnya”. Bingung dengan pernyataan Martin tersebut, ia segera menelepon kembali rekannya itu dan mengatakan “Portable cell phone??apaan tuh??”

Pembicaraan singkat tersebut yang kemudian melahirkan sebuah “BATA” yang digunakan sebagai alat komunikasi massal yang berkembang dengan pesat hingga saat ini.

Kata “BATA” tidak tepat lagi digunakan untuk menyebut sebuah Cellular Phone (Hand Phone). Berbagai bentuk dan macam ukuran dapat dengan mudah kita jumpai, dan semuanya mengadopsi teknologi canggih yang telah jauh berkembang jika dibandingkan dengan teknologi awal yang digunakan. Hand Phone kini menjadi sebuah kebutuhan dan sekaligus gaya hidup manusia modern. Tidak hanya merupakan alat komunikasi, Hand Phone telah jauh melampaui fungsi dasarnya. Tidak dapat kita pungkiri, “BATA” yang ditemukan oleh Martin Cooper telah merubah wajah dunia modern.

Posted in Teknologi | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

Kenal ATM kan??Nih, Penemunya…

Posted by Probosuryo pada 29 Mei 2009

Luther G Simjian

Luther G Simjian

Luther George Simjian adalah salah seorang Penemu dan ilmuwan yang berumur cukup panjang. Ia dilahirkan di Turki pada 28 Januari 1905, dan meninggal pada 23 Oktober 1997 dalam usia 92 tahun.

Simjian muda hijrah ke Amerika Serikat pada usia 15 tahun, karena dipisahkan dari keluarganya pada masa Perang Dunia I. Setelah bertemu dengan kerabatnya di Connecticut, dia mulai belajar mandiri dengan bekerja sebagai Fotografer sesuai dengan bidang ketertarikannya. Pada awal mulanya, Simjian belajar di Universitas Yale dengan mengambil bidang Kedokteran. Namun minatnya berubah ketika Pihak Universitas memberikan pekerjaan di Laboratorium Foto. Pada tahun 1928, dia telah menduduki jabatan Direktur pada Departemen Fotografi di Universitas tersebut.

Pada tahun 1934 Simjian pindah ke New York, di mana dia mengembangkan mesin X-ray warna dan self-posing portrait camera, yang memungkinkan subyek untuk melihat ke dalam cermin dan melihat gambar yang tepat yang akan diambil. Denagn berbekal penemuannya ini, Simjian mendirikan sebuah perusahaan manufaktur kamera dan menjual lisensi untuk menggunakan kamera tersebut di studio mini yang diletakkan dalam Departement Store dengan nama Photoreflex yang kemudian diganti dengan nama Reflectone. Perusahan inilah yang kemudian terus melakukan pengembangan optik, dan perangkat elektro mekanik.

Old ATM_02

Old ATM

 

Ketika Simjian menawarkan ide untuk membuat pelanggan bank melakukan transaksi finacial tanpa bertemu dengan teller, ia diragukan banyak orang. Tak kenal menyerah, pada tahun 1939, Simjian mendaftarkan 20 paten yang berkaitan dengan perangkat temuan barunya tersebut, dan menawarkan temuannya kepada sebuah perusahaan besar yang sekarang dikenal dengan nama Citicorp. Baru setelah 6 bulan kemudian, Citicorp merespon tawaran Simjian tersebut.

  

Old ATM_01

Old ATM

“Tampaknya, orang yang akan menggunakan mesin ini hanyalah sejumlah kecil pelacur dan penjudi yang malu dan tidak mau bertemu muka dengan tellers” tulis Simjian.
Ups, ternyata hari ini pada setiap sudut jalan, kita dapat dengan mudah menemukan mesin “ajaib” ini. Apa yang menjadi keraguan banyak orang pada masa tersebut sangat tidak terbukti. ATM sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan. Penemuan Simjian yang pada awalnya diragukan, kini telah membantu banyak orang dengan hadirnya kemudahan malalui mesin ATM.

Posted in Teknologi | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »